A. PENGERTIAN MEDIA
Media berasal dari bahasa latin dan merupakan bentuk jamak dari kata medium yang secara harfiah berarti perantara atau pengantar. Medoe adalah perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Adapun pengertian media menurut para ahli yaitu:
1. Menurut Rossi dan Breidle
Media pembelajaran adalah seluruh alat dan bahan yang dapat dipakai untuk tujuan pendidikan
2. Menurut Brown
Segala sumber yang dapat berupa alat atau perlengkapan apapun yang digunakan oleh guru atau murid dalam proses belajar mengajar yang akan meningkatkan efektivitas program belajar. Media pendidikan terdiri dari hardware dan software.
3. Menurut Santoso S Hamijaya
Media adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang penyebar ide, sehingga idea tau gagasan itu sanpai pada penerima.
4. Menurut Mc, Luahan
Media adalah channel (Saluran) karena pada hakikatnya media telah memperluas atau memperpanjang kemampuan manusia untuk merasakan, mendengar, dan melihat dalam batas-batas jarak, ruang dan waktu tertentu.
5. Menurut Blake and Haralsen
Media adalah medium yang digunakan untuk membawa atau menyampaikan sutu pesan, dimana medium ini merupakan jalan atau alat dengan suatu pesan berjalan antara kemunikator dan komunikan.
Jadi media adalah segala sesuatu yang dapat diindrakan, yang berfungsi sebagai perantara / sarana / alat untuk proses komunikasi atau untuk proses pembelajaran.
Media instruksional edukatif adalah sarana komunikasi dalam proses pembelajaran yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak untuk mencapai proses dan hasil instruksional secara efektif dan efisien, serta tujuan instruksional dapat dicapai dengan mudah.
B. FUNGSI DAN KEGUNAAN MEDIA PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN
1. Peranan Media Pendidikan
Mengatasi perbedaan pengalaman pribadi peserta didik
Mengatasi batas-batas ruang kelas
Mengatasi kesulitan dalam mengamati suatu benda yang kecil
Mengatasi gerak benda secara cepat atau terlalu lambat
Mangatasi hal-hal yang terlalu kompleks
Mengatasi suara yang terlalu halus untuk didengar langsung
Menagtasi peristiwa-peristiwa yang tidak diinginkan dalam pembelajaran
Memungkinkan terjadinya kontak langsung dengan masyarakat
Membangkitkan minat belajar yang baru
2. Fungsi media Pendidikan
a. Menurut Derek Rowntree
Membangkitkan motivasi belajar
Mengulang apa yang telah dipelajari
Menyediakan stimulus belajar
Mengaktifkan respon peserta didik
Memberikan balikan dengan segera
Menggalakan latihan yang serasi
b. Menurut Mc. Known
Mengubah titik-titik berat pendidikan formal
Membangkitkan motivasi belajar pada peserta didik
Memberikan kejelasan
Memberikan rangsangan
c. Menurut edgar Dale, YN Finn, dan F Hoban
Memberikan dasar pengalaman konkret bagi prngrtian abstrak
Mempertinggi perhatian anak
Memberikan realitas
Memberikan hasil belajar yang permanen
Menambah pembendaharaan bahasa
Memberi pengalaman yang sukar diperoleh denggan cara lain
3. Kegunaan media pendidikan
Secara umum, media pendidikan mempunyai kegunaan sebagai berikut:
a. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalisitis (Dalam bentuk kata-kata tertulis atau lisan belaka)
b. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera
c. Pengunaan media pendidikan secara tepat dan bervariasi dapat menagtasi sikap pasif anak didik. Dal hal ini, media bergun untuk:
• Menimbulkan kegairahan belajar
• Memungkin interaksi yang lebih langsung antara anak didik dengan lingkungan dan kenyataan
• Memungkinkan anak didik belajar sendiri-sendiri menurut kemampuan dan minatnya.
d. Dengan sifat yang unik pada siswa ditambah lagi dengan lingkungan dan pengalaman yang berbeda, sedangkan kurikulum dan materi pendidikan ditentukan sama untuk setiap siswa, maka gurubanyak mngalami kesulitan bilamana sepenuhnya harus diatasi sendiri. Masalah ini dapat diatasi dengan media pendidikan, yaitu dengan kemampuannya dalam:
• Memberikan perangsang yang sama
• Mempersamakan pengalaman
• Menimbulkan persepsi yang sama
C. CIRI-CIRI MEDIA PEMBELAJARAN
Ciri-ciri dari media pendidikan
Media pendidikan identik dengan alat peraga langsung dan tidak langsung
Media pendidikan digunakan dalam proses komunikasi instruksional
Memiliki muatan normative bagi kepentingan pendidikan
Media pendidikan erat kaitannya dengan metode mengajar khususnya, maupun komponen-komponen system instruksional lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar