A. KLASIFIKASI MENURUT PARA AHLI
1. Klasifikasi Menurut Hamijaya
Santoso S. Hamijaya, mengklasifikasikan media pendidikan yang dikaitkan dengan teknologi pendidikan menurut penggunaannya, yaitu:
a. Media dan teknologi pendidikan yang penggunaannya secara masal, yaitu:
Televisi
Film dan Slide
Radio
b. Media dan teknologi pendidikan yang metode penggunaannya secara individual, misalnya:
Kelas dan laboratorium elektronik
Alat-alat otoinstruktif
Kotak unit instruksional
c. Media dan teknologi pendidikan yang penggunaannya secara konvensional
d. Media dan teknologi pendidikan pada pendidikan modern, berupa:
Ruang kelas otomatis
Sistem proyeksi berganda
System interkomunikasi
2. Klasifikasi Menurut Gerlack dan Ely
Media dibagi menjadi 5 kategori umum menurut sifat benda, yaitu:
Benda-benda asli dan manusia
Gambar-gambar dan gambar yang disorot
Benda-benada yang didengar
Benda-benda cetakan
Benda-benda yang dipamerkan
3. Klasifikasi Menurut Edgar Dale
Mengklasifikasikan media instruksional edukatif berdasarkan pengalaman belajar peserta didik, yaitu dari yang bersifat konkret sampai yang bersifat abstrak. Pengalaman-pengalaman itu maliputi:
Pengalaman melalui lambang kata/verbal
Pengalaman melalui lambing visual
Pengalaman melalui gambar
Pengalaman melalui rekaman, radio, gambar
Pengalaman melalui gambar hidup
Pengalaman melalui televisi
Pengalaman melalui pameran
Pengalaman melalui wid wisata
Pengalaman melalui kegiatan demonstrasi
4. Klasifikasi Menurut Rudy Bretz
Mengelompokkan media kedalam 7 kelas yaitu:
Media Audio-Motion-visual
Media Audio-skill-visual
Media audio-seminotion
Media motion-visual
Media skill-visual
Media audio
Media yang hanya mampu menampilkan informasi berupa symbol-simbol tertentu saja.
5. Klasifikasi Menurut Duncan
Lingkup Sasaran Luas Personal
Kelompok realita
Reproduksi (Rekaman) Manuskrip, Diktat, bibliografi, referensi, duplikat, gambar
Pameran dinding, (termasuk papan tulis), specimen, model
Epidiaskop, buku teks, buku kerja, lembaran teks terprogram
Penggunaan mudah
Bersifat Umum Reproduksi (Rekaman)
Kelompok reproduksi (rekaman) Pita Audio, cakram (piringan) rekaman, laboratorium bahasa (audio)
Film bingkai, film rangkai, OHP, tutorial, audiovisual, laboratorium bahasa yang diperkaya, stereogram dan system proyeksi dengan polarisasi Pengasaan mudah
Pengadaan sukar
Kelompok Reproduksi (Rekaman)
Film bisu, film gelang, film dengan suara magnetic, dan film dengan suara optic (built-in)
Bersifat lebih
Spesifik
Biaya Investasi tinggi Teks terprogram dengan peralatan, radio vision, TV Siaran terbatas (CCTV), system respon(sasaran), program siaran TVST langsung (live), system pembelajaran dengan computer, siaran audio dan siaran TV, Biaya Murah
6. Klasifikasi Menurut Briggs
Briggs mengoidentifikasi 13 macam media yaitu:
Objek
Model
Suara langsung
Rekaman audio
Media cetak
Pembelajaran terprogram
Papan tulis
Media transparnsi
Film rangkai
Film bingkai
Film
Televisi
Gambar
7. Klasifikasi Menurut Gagne
Gagne membuat 7 pengelompokan media, yaitu:
Benda untuk didemonstrasikan
Komunikasi lisan
Media cetak
Gambar diam
Gambar gerak
Film bersuara
Mesin belajar
B. JENIS DAN KARAKTERISTIK MEDIA
1. Media Grafis
Media grafis adalah semua media yang mengandung grafis (tulisan dan gambar)
Jenis-jenis media grafis antara lain:
a. Media bagan, yaitu penyajian diagramatik suatu lambing visual
b. Media grafik, adalah media yang membuat penyajian perlakuan data-data bilangan secara diagramatik
c. Media gambar, adalah media yang merupakan reproduksi bentuk asli dalam dua dimensi, yang berupa foto atau lukisan
d. Media komik, media yang mempunyai sifat sederhana, jelas, mudah dipahami dan lebih bersifat personal
e. Karikatur, adalah bentuk informasi yang selain lucu juga bersifat sindiran
2. Media Audio
a. Radio
b. Tape rekorder
c. labor Bahasa
3. Media audio visual
a. Televisi
b. DVD
4. Media proyeksi
a. OHP
b. LCD
Tidak ada komentar:
Posting Komentar