Sabtu, 28 Mei 2011

PEMILIHAN MEDIA

PEMILIHAN MEDIA
1. Dasar Pertimbangan Pemilihan Media
 Merasa sudah akrab dengan media itu (papan tulis, OHP
 Media yang dipilih dapat menggambarkan dengan lebih laik daripada dirinya
 Dapat menarik minat dan perhatian siswa, serta me-nuntun pada penyajian yang lebih terstruktur dan terorganisasi.


2. Pertimbangan Pemilihan Media
a. Hambatan pengembangan dan pembelajaran, meliputi: dana, fasili-tas dan peralatan yang tersedia, waktu yang tersedia (mengajar dan pengembangan), sumber daya manusia dan material.
b. Persyaratan isi, tugas, dan jenis pembelajaran.
c. ambatan dari sisi siswa dengan mempertimbangkan kemampuan dan keterampilan awal.
d. Tingkat kesenangan (lembaga, guru, pelajar), serta keefektifan biaya.
e. Pertimbangan lain:
 Kemampuan mengakomodasi stimulus yang tepat (visual dan atau audio)
 Kemampuan mengakomodasi respon siswa (tertulis, audio, dan atau kegiatan fisik).
 Kemampuan mengakomodasi umpan balik.
 Pemilihan media utama dan media sekunder untuk penyajian informasi atau stimulus, dan untuk latihan serta tes.
 Media sekunder harus diperhatikan, karena pembelajaran yang ber-hasil menggunakan media yang beeragam

3. Pemilihan dan Penggunaan Media berdasarkan Prinsip-prinsip Psikologis
 Motivasi (kebutuhan, minat, keinginan belajar)
 Perbedaan individual
 Tujuan pembelajaran
 Organisasi isi
 Persiapan sebelum belajar
 Emosi (perasaan pribadi)
 Partisipasi
 Umpan balik
 Penguatan (reinforcement)
 Latihan dan pengulangan
 Penerapan

4. Kriteria Memilih Media
 Susuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
 Tepat untuk mendukung isi pelajaran yang sifatnya: fakta, konsep, prinsip, atau generalisasi.
 Praktis, luwes, dan bertahan.
 Guru terampil menggunakannya.
 Pengelompokkan sasaran (kelompok besar, sedang, kecil, dan perorangan)
 Mutu teknis (memenuhi persyaratan teknis tertentu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar